SKRIPSI 2019
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS DI RUANG FLAMBOYAN (RUMAH SAKIT BHAYANGKARA TK.III NGANJUK)
File Attachment
Kualitas pelayanan merupakan indikator kinerja bagi penyelenggara pelayanan kesehatan seperti rumah sakit. Kualitas layanan tidak terlepas dari kinerja tenaga dokter, perawat, petugas kesehatan pendukungnya, sarana dan prasarana, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien BPJS Di Ruang Flamboyan (Rumah Sakit Bhayangkara TK.III Nganjuk)
Desain penelitian ini menggunakan Cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 14 - 28 September 2018, dengan 22 responden,dengan teknik Accidental Sampling. Variabel independennya adalah Kualitas pelayanan variabel dependennya adalah Kepuasan pasien BPJS yang dikumpulkan dengan kuesioner. Uji statistik menggunakan Spearmen Rho dengan ? (0,05).
Hasil penelitian menunjukkan dari 22 responden Kualitas Pelayanan hampir seluruhnya Kualitas pelayanan kategori baik yaitu 17 responden (77%). Kepuasan Pasien BPJS hampir seluruhnya Kepuasan Pasien BPJS dengan kategori Tinggi yaitu 18 responden (82%). Hasil uji statistik Spearmen Rho menunjukkan bahwa nilai ? value = 0,000 ? ? (0,05) maka Ha diterima yang berarti ada hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien BPJS di ruang Flamboyan Rumah Sakit Bhayangkara TK. III Nganjuk. Nilai keeratan (r) 0,770 yang berarti tingkat keeratan sedang.
Tingkat kepuasan pasien diberikan berdasarkan pelayanan yang baik dari Rumah sakit dalam berbagai segi, dengan pelayanan yang baik maka tingkat kualitas pelayanan juga baik sehingga kepuasan pasien meningkat, yang dapat membuat pasien mempunyai loyalitas baik pada rumah sakit.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, BPJS